Minggu, 18 September 2011

Setting IP pada Vmware dan Membuatnya Saling Berkomunikasi Antar OS Dalam Vmware

Setelah melakukan instalasi OS pada vmware, kini saatnya bagaimana kita set IP kepada OS tersebut. Di sini saya menginstall ubuntu server 10.04 dan windows server pada vmware. Sekarang saya akan coba bahas bagaimana cara set ip dan bagaimana agar ketiga OS (termasuk OS desktop saya) dapat saling berkomunikasi (biasa saya sebut dengan ping). Yang akan saya bahas pertama mungkin, bagaimana cara set ip pada ubuntu server. Langkahnya adalah :

Masuk sebagai root : sudo su – (enter)

2. Kita edit file interfacesnya dengan mengetikkan perintah : pico /etc/network/interfaces
Lalu ketikkankode berikut
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.3.90 (sesuaikan dengan yang anda inginkan)
gateway 192.168.3.1 (sesuaikan dengan yang anda inginkan)
netmask 255.255.255.0 (sesuaikan dengan yang anda inginkan)
network 192.168.3.0 (sesuaikan dengan yang anda inginkan)
broadcast 192.168.3.255 (sesuaikan dengan yang anda inginkan)
3. Setelah itu keluar dari situ dengan menekan ctrl+x, trus tekan y, lalu enter
4. Setelah memasukkan semua detail yang butuhkan untuk me-restart layanan jaringan dengan menggunakan perintah berikut : /etc/init.d/networking restart

Dalam vmware terdapat 4 jenis koneksi jaringan yang dapat kita gunakan. Cara melihatnya, klik kanan pada OS yang sudah dibuat, lalu pilih setting. Pada window baru klik network adapter. 4 jenis koneksi jaringan itu adalah :

1. Bridge

ini saya gunakan apabila PC/komputer saya terhubung dlm suatu jaringan atau mengunakan kabel jaringan (harus ada DHCP Server). Sehingga saya tidak perlu melakukan setting apapun pada ubuntu server dan windows server. Jadi ubuntu server dan windows server saya langsung mendapatkan IP tanpa perlu kita setting ip terlebih dahulu. Sehingga ubuntu server ke windows server dapat saling berkomunikasi begitu juga sebaliknya, dari ubuntu server ke windows desktop juga dapat saling berkomunikasi atau sebaliknya, dan dari windows server ke windows desktop atau sebaliknya. Sedikit setting pada windows server, matikan firewall pada windows server. Karena biasanya dari ubuntu server tidak dapat berkomunikasi jika firewall windows server dalam keadaan aktif/hidup.

2. NAT

NAT digunakan untuk menghubungkan virtual machine kita ke internet melalui koneksi secara dial-up pada computer host atau melalui computer host yang menggunakan kartu jaringan berteknologi wireless.

3. Host-Only

Host-Only Networking menyediakan koneksi jaringan antara virtual machine dengan komputer host, menggunakan kartu Ethernet visual yang ada pada system operasi komputer host. Jika menggunakan host-only networking, virtual machine dan kartu jaringan komputer host keduanya dihubungkan ke jaringan alamat TCP/IP. Alamat-alamat pada jaringan ini telah disediakan oleh VMware DHCP server.

4.Custom

Disini kita bisa membuat ip dengan range net id kita yang sudah kita subnet. Selain itu juga, disini kita tak butuh terkoneksi ke jaringan luar(tanpa kabel LAN) untuk dapat membuatnya saling berkomunikasi. Ini lah keistimewaan dari jenis jaringan custom ini. Langkah-langkah cara membuatny adalah :

1. Pada menu bar, klik edit – virtual network editor

2. Nanti akan masuk pada jendela baru. Disana tersedia mulai dari Vmnet0 – Vmnet 9. Sekarang saya coba membuat pada Nmnet 1. Klik Vmnet1, lalu pada pilihan yang dibawah itu, pilih host-only kemudian checklist pada connect ahost virtual adapater to this network. Setelah itu masukkan subnet ip dan subnet mask yang sudah kita buat. Kemudia tekan OK.

3. Setelah itu, setting pada OS yang dbuat, dengan klik kanan dari OS kemudian setting, dan pilih network adapter. Kemudia pilih custom dan pilih vmnet yang sudah kita buat tadi. Maka ip OS itu akan berubah sesuai dengan range yang kita subnet. Dan kita bisa melakukan komunikasi
Jadi kita bisa melakukan ping antara ubuntu server ke windows server atau sebaliknya,dari windows server ke windows desktop atau sebaliknya, dan dari ubuntu server ke windows desktop tanpa perlu menggunakan kabel LAN. Kenapa bisa seperti itu? Yang kita buat ini, sama seperi pada gambar berikut.



Jadi seolah seperti gambar diatas, hanya saja kita tidak bisa melihat dalam bentuk fisik.

Referensi lain yang handal, bisa dilihat situsnya http://www.blogger.com/img/blank.gifMAS SIGIT.

1 komentar:

  1. ini kan tulisan aq mas..mna sumberny mas?copas blh,tp cantumkan sumberny..

    BalasHapus