Minggu, 11 September 2011

Perlunya Membaca Manual

Hari ini aku berhasil menyetting PXE untuk Windows Server 2003.
Ternyata gampang banget, karena sebelumnya Diskless Workstation sudah bisa jalan. Yang perlu dilakukan hanyalah meletakkan file-file yang dibutuhkan ke dalam forlder TFTPDROOT yang ada di Drive C, dan client sudah bisa terhubung melalui DHCP. Dan dari sana pula kita bisa langsung install program-program windows, setelah sebelumnya kita copy master windowsnya ke filder yang sudah disharing di TFTPDROOT tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan disini, akan perlunya membaca manual dari program PXE yang kita gunakan. Ketika saya mau mapping folder server melalui perintah "Net Use" tidak pernah berhasil. Namun karena menggunakan BartPE, dan didalamnya sudah diselipkan perintah-perintah tambahan oleh pembuatnya (terima kasih saya ucapkan), akhirnya berhasil juga mappingnya setelah membuka petunjuk manualnya, yaitu menggunakan perintah "NUG" (Net Use GUI). Perintah lainnya yang menarik adalah aplikasi semacam exlorer di Windows, yaitu program "Jelajah", yang membuat kita bisa mengeksplorasi folder dan file dari drive yang kita punya. Dan program-program tersebut tidak bisa diketahui hanya dengan berbekal pengetahuan yang telah kita punya. hehe

Satu lagi, adakalanya kita mau menjalankan sebuah program dari PXE yang tidak bisa dieksekusi (dijalankan). Itu terjadi karena folder yang kita share tidak diberi hak penuh untuk mengeksekusi program. Cobalah ubah access permisionnnya menjadi full access, insyaallah program-program yang tadinya tidak mau dibuka kini sudah bisa berjalan dengan baik. Ini yang saya alami.

Itu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar