Sabtu, 07 Mei 2011

Cara Konfigurasi Jaringan di virtual dengan real system

Allow....... lam kenal semuah........ saya sekedar ingin berbagi informasi dengan teman-teman semuah..... yupz....sekadar info gimana caranya konfigurasi jaringan dalam 1 Komputer dengan ngunaainnn OS (Operating system: kyak windows 7, XP, windows server 2003) yang berbeda...

sebelumnya di dalam PC,Notebook atau laptop kita harus diinstall Virtual Box (virtual system),,,, terus lakukan penginstalan OS didalam virtual box . selain itu, pastikan ! di virtual system dan real system(komputer) telah terinstall OS(Operating Sytem). jangan lupa firewall dimatikan baik yang ada di real system maupun di virtual system sebelum melakukan konfigurasi jaringan.

*Konfigurasi jaringan pada real system (di Windows 7):
1. Klik Start.... lalu Pilih Run atau dengan win key+r



lalu ketik "hdwwiz", tapi kalaw di windows XP pilih control panel+add new Hardware.... lalu klik OK

2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti disamping kiri ini, kemudian pilih next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.



3. Maka akan muncul kotak seperti disamping kemudian pilih "install the hardware that manually select from a list(advanced)" kemudian klik next.



4.Kemudian pilih Network adapters dan klik next.



5. Muncul kotak yang isinya nama-nama hardware adapter connection seperti disamping ini, lalu pilih hardware dari Microsoft, lalu pilih microsoft loopback adapter yang berfungsi sebagai penghubung antara operating system di virtual system dan real system.



6. Maka akan ditampilkan tampilan berikut, lalu klik next untuk memulai proses installansi Microsoft Loopback Adapter.... tunggu sampai proses installasinya selesai.





7.Setelah proses installasi selesai maka akan muncul tampilan dibawah ini , kemudian pilih finish



8. kemudian buka kembali control panel+ administrative tools.... lalu pilih networks and internet maka muncul tampilan berikut ;



lalu pilih Microsoft loopback+ klik right (kanan) pilih properties....
9. Lalu muncul kotak sebagai berikut;



lalu pilih internet protocol version 4(TCP/ipv4) pilih properties,maka akan muncul tampilan sebagai berikut :



kemudian masukkan ip address pada real system dan default gateway nya yang berfungsi sebagai pintu gerbang untuk penghubung antara real system dan virtual box.

*Langkah selanjutnya lakukan konfigurasi di virtual box:
1. Pada virtual box, lakukan kembali proses masuk ke dalam control panel+network Connection+local area connection kemuadian klik kanan + properties, muncul gambar sebagai berikut:



lakukan seperti di real system, pilih properties
2. Kemudian akan muncul gambar dibawah ini,



masukkan ip address pada virtual box yag sama dengan default gateway pada real system dan masukkan default gatewaynya yang sama dengan ip address pada real system.
prinsipnya * ip address di real system= default gateway di virtual system
* ip addess di virtual system = default gateway di real system.

*Langkah selanjutnya lakukan pengencekkan koneksi dari real system ke virtual system :
1. klik run
2. ketik cmd, lalu ketik ping + ip address virtual systemnya, contohnya ; "ping 192.168.0.1"
maka akan muncul gambar dibawah ini jika telah terkoneksi :



3. 3.Apabila telah terkoneksi ke real system maka lakukan hal yang sama dari virtual system ke real system.

* catatan :
1. apabila pada command prompt tertulis "destination host uncreseable" pastikan microsoft loopback telah terinstalasi dengan benar dan ip telah dimasukkan dengan benar.
2. apabila pada command prompt tertulis "request time out" lakukan pengencekkan pada firewall, jika masih hidup maka firewallnya dimatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar